Senin, 19 November 2012

Wiuh...dunia tambang Indonesia

Dunia pertambangan Indonesia sebenarnya memiliki peran penting untuk pendapatan negara kita. Diperkirakan sekitar 70% persen pendapatan negara non pajak berasal dari sumber alam. Tentunya tambang memiliki peran signifikan. Sumbernya pun banyak. Dari minyak, batubara, gas, timah, nikel, (dan lainnya)  hampir semuanya.

Di sisi lain, dunia pertambangan masih dijumpai konflik-konflik antara perusahaan pertambangan dengan masyarakat maupun perusahaan lain (  misalnya perusahaan perkebunan, kehutanan dll).
JATAM (Jaringan Advokasi Tambang) juga mencatat pada 2011, terdapat 3,7 juta hektar kawasan hutan yang tumpang tindih dengan lokasi tambang.
Data yang lain menyebutkan JATAM Kalimantan Timur menemukan 70.66% wilayah kota Samarinda akan digunakan usaha pertambangan.

Selain itu masih banyak dijumpai konflik-konflik lain. Konflik lingkungan, konflik perijinan, serta berbagai kepentingan yang melibatkan berbagai unsur (pemerintah, parpol, TNI, polisi, de el el) merupakan tantangan besar yang ada di dunia tambang Indonesia.

Dunia tambang Indonesia akan tetap mendapat tempat penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Beberapa kondisi yang disebutkan diatas harus segera diselesaikan untuk kelancaran industri, sustainable environment, serta kemajuan ekonomi Indonesia.

So let's do the best for Indonesia...!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar