Selasa, 19 Juni 2012

4 Dx...metode lain untuk Perbaikan..

Ini mungkin catatan yang agak terburu buru...
Beberapa minggu yang lalu saya ikut dalam sebuah training. Salah satunya adalah mengenai '4 Decision of execution'.
Sebagai salah satu provider FranklinCovey di Indonesia (mungkin satu satunya), mereka melakukan sharing kepada kami.

Kita sering terjebak dengan rutinitas kerja yang setiap hari kita jumpai. Istilah yang digunakan adalah whirlwind (angin ribut). Hal ini membuat kita suka melupakan program kerja yang ada. Semua waktu hanya dihabiskan untuk menyelesaikan persoalan persoalan yang kita anggap urgent yang ditemui setiap hari. Jadi kita hanya bersifat reaktif saja. Sehingga energi kita habis untuk whirlwind, dan program kerja tidak terlaksana.

Hal yang paling fundamental dari pelatihan ini adalah kita harus dapat menyisihkan waktu dalam satu minggu sebanyak 1 - 2 jam untuk melakukan program perbaikan untuk perusahaan. Dan tentunya kita harus memilih hanya 1 - 3 program / masalah yang harus kita selesaikan. Tentunya harus dipilih yang memberikan efek paling besar terhadap perusahaan. Dan tentunya hal ini berlaku untuk program / masalah yang masih kita selesaikan karena masih menjadi wewenang kita (maksudnya pilih yang controllable).

Secara ringkas 4 decision of execution atau 4Dx adalah :
1. Fokus pada Wildly Important Goal (WIG)
     Jadi tentukan masalah yang paling mempengaruhi, atau memberikan efek kepada perusahaan. Problemnya dipilih 1- 3 saja. Ada data statistik yang ditunjukkan jika kita hendak menyelesaikan lebih banyak masalah malah tidak masalah yang diselesaikan.
2.  Bertindak sesuai Lead Measure
Yang dimaksud disini adalah melakukan tindakan sesuai cara memperbaiki yang direncanakan. Lead measure merupakan cara cara yang ditempuh untuk mencapai WIG.
3. Membuat Scoreboard
Dengan menggunakan scoreboard maka secara individu dan tim dapat dilihat proses kemajuan lead measure. Scoreboard sebaiknya dibuat dan dipasang di tempat dimana semua anggota tim dapat melihat. Kriteria scoreboard yang harus dipenuhi adalah :
      - simple
      - dapat dilihat semua anggota tim / pemain
      -  terdapat data lead measure dan lag measure (versi kuantitatif WIG)
      - mudah memberikan informasi pencapaian ( sehingga tim / pemain tahu sudah menang atau kalah)
4.

2 komentar:

  1. Tulisan yg simpel dan mudah dimengerti, terimakasih
    Sedikit pertanyaan:
    1. Maksud dari kalimat di point 4dx yg pertama: "Ada data statistik yang ditunjukkan jika kita hendak menyelesaikan lebih banyak masalah malah tidak masalah yang diselesaikan." adalah???
    2. Point ke empat dari 4dx itu sendiri apa? Sepertinya tulisannya belum selesai....

    BalasHapus
  2. Tulisan yg simpel dan mudah dimengerti, terimakasih
    Sedikit pertanyaan:
    1. Maksud dari kalimat di point 4dx yg pertama: "Ada data statistik yang ditunjukkan jika kita hendak menyelesaikan lebih banyak masalah malah tidak masalah yang diselesaikan." adalah???
    2. Point ke empat dari 4dx itu sendiri apa? Sepertinya tulisannya belum selesai....

    BalasHapus